5 Keunikan Kota Jogjakarta yang Menarik Perhatian Wisatawan

Kopi Jos

Kota Jogjakarta menyimpan banyak kenangan untuk saya dan teman-teman, karena setiap sudut kotanya memiliki keistimewaan sendiri. Waktu itu, saya mengikuti pelatihan fasilitator dari komunitas yang dilanjutkan dengan agenda jalan-jalan. Kami jalan-jalan di sekitar Malioboro sambil mencari penginapan di Jogja dengan budget mahasiswa. Kami mendapat penginapan dengan harga yang terjangkau setelah mencari informasi hotel dan penginapan melalui aplikasi Pegipegi.

5 Keunikan Kota Jogjakarta 

Setelah mendapat penginapan, kami melanjutkan agenda jalan-jalan. Perjalanan kami dimulai dari Malioboro, titik nol, Pasar Beringharjo, alun-alun, dan ngopi juga di angkringan. Di tempat yang kami kunjungi, kami menemukan hal-hal yang menarik tentang kota Jogja yang ternyata menjadi daya tarik wisatawan. Nah, apa aja keunikan kota Jogja ini , yuk simak uraian di bawah ini.

1. Papan Jalan Malioboro
Papan yang bertuliskan jalan Malioboro merupakan papan petunjuk bahwa nama jalan tersebut Malioboro. Papan ini berada di ujung jalan sebelah utara dekat pembelokan arah Malioboro atau Stasiun Tugu. 

Papan jalan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan, baik itu anak muda hingga orang tua, sampai-sampai mereka rela antri hanya untuk berfoto di dekat tiang papan. Meski hanya berbentuk papan, ternyata papan jalan Malioboro menjadi salah satu daya tarik para wisatawan.

2. Angkringan Kopi Jos
Dulu, angkringan identik dengan tongkrongan orang tua yang diterangi lampu teplok. Namun, saat ini angkringan penuh dengan anak-anak muda yang ngopi bareng sambil ngobrolin konsep. Di angkringan, biasanya disediakan makanan berupa nasi kucing, sate usus, dan mendoan. Begitu juga dengan angkringan di Jogja yang khas dengan kopi hitam yang diberikan arang merah membara biar lebih jos.

3. Musik Jalanan
Ketika berkunjung ke Malioboro, kamu pasti menemukan para pemusik jalanan yang menyanyikan lagu-lagu viral. Musik jalanan ini sekarang gak cuma ada di Malioboro, kamu bakalan nemuin juga di area lampu merah sudut kota. 

Musik jalanan ini cukup menghibur para wisatawan, lantaran ditambah dengan penari-penari juga. Selain bermusik di jalanan, mereka menerima panggilan juga untuk mengisi acara pernikahan atau yang lainnya.

4. Pasar Beringharjo
Siapa yang kangen dengan suasana pasar Beringharjo? Kalau saya jelas kangen banget, karena di pasar ini dijual batik dengan harga yang sangat murah namun berkualitas. Berbagai macam model batik juga bisa kamu temukan dengan mudah. 

Gak cuma itu, kalau kamu merasa lapar bisa juga datang ke pasar ini untuk membeli beberapa makanan seperti pecel dan sate. Di dekat pasar Beringharjo juga terdapat hotel unik khas Jogja yang kental dengan adat Jawa.

5. Titik Nol
Kalau kamu merasa capek karena jalan-jalan seharian, kamu bisa mampir dan nongkrong di titik nol. Titik nol ini merupakan tempat favorit anak muda berkomunitas, maka jangan heran kalau kamu menemukan mereka sedang melakukan kopdar. Gak cuma itu, kamu juga akan menemukan acara-acara lain, seperti kegiatan anak muda yang suka main skateboard, sepatu roda, dan menari.

Demikianlah beberapa keunikan kota Jogja yang menjadi daya tarik para wisatawan. Kalau kamu berencana ke Jogja dalam waktu dekat ini, Pegipegi sedang mengadakan promo hotel bintang 5 dengan sistem reward poin. Kalau kamu memanfaatkan promo ini, lumayan bisa menekan budget atau biaya pengeluaran kamu. Atau mungkin budget itu bisa kamu gunakan untuk membeli oleh-oleh keluarga. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar