Cara Mudah Mengetahui BPKB Asli dan Palsu

Inspeksi mobil
Inspeksi Mobil Bekas oleh Tim Otospector
Dewasa ini, penipuan jual beli mobil bekas marak terjadi. Oknum melakukan tindak kriminal dengan membuat surat kelengkapan palsu. Hati-hati dalam melakukan transaksi agar Anda tidak dianggap sebagai pihak penadah mobil bodong. Salah satu surat kelengkapan yang banyak dipalsukan adalah dokumen BPKB. Lakukan inspeksi mobil bekas dengan memeriksa semua dokumen kelengkapan yang dibutuhkan. 

Sebagai bagian informasi tambahan, berikut cara mengetahui BPKB asli dan palsu agar Anda tidak terjebak penjualan mobil bekas bodong. 

1. Memperhatikan perbedaan kaver BPKB 

Kaver BPKB yang asli biasanya mengkilap dan warna lebih bagus dibandingkan dengan surat BPKB palsu. Kaver BPKB palsu memiliki warna yang kurang meyakinkan yaitu buram dan lebih kusam.

2. Perhatikan bagian hologram BPKB 

Pada BPKB yang asli, hologram berwarna silver saat terkena cahaya sedangkan hologram BPKB palsu tampak lebih kuning. Penampilan sekilas saja bisa menipu Anda sehingga perlu perhatian lebih saat memeriksa bagian hologram BPKB asli yang tidak berubah warna. Anda bisa menerawang hologram pada halaman awal agar yakin bahwa warna hologram tetap abu-abu. 

Nomor seri di bawah hologram merupakan tanda pemilik kendaraan dikategorikan berdasarkan tempat tinggal. Namun, ada pula sejumlah nomor yang tidak bisa dideteksi karena milik Korlantas yang bersifat rahasia atau tidak dipublikasikan. 

3. Lihat identitas pemilik 

Saat Anda melakukan inspeksi mobil, lakukan pengecekan pada data atau identitas pemilik kendaraan bersangkutan. Pastikan cetakan tulisan nama dan data kendaraan asli bukan seperti terhapus, lalu dicetak ulang kembali. Namun, oknum pemalsuan BPKB biasanya hanya mengubah data kendaraan sedangkan nama pemilik kendaraan tetap.

4. Terdapat logo resmi Korlantas 

Jeli membedakan BPKB asli dan palsu bisa membantu Anda menekan risiko tertipu oknum nakal. Salah satu ciri yang paling mudah dikenali terletak pada logo resmi Korlantas Polri. Logo Korlantas Polri hanya akan terlihat bila disinari ultraviolet pada lembar ke-14. Tekstur kertas yang memiliki logo juga lebih kasar dan timbul mengikuti pola logo Korlantas tersebut. Pada BPKB palsu, umumnya logo Korlantas memiliki permukaan yang lebih rata. 

Jika BPKB mobil bekas yang hendak Anda beli tidak memiliki logo Korlantas, maka Anda harus curiga, ya! Jangan sampai tertipu hanya karena harga yang murah dengan BPKB yang dipalsukan. 

BPKB palsu bisa memberikan dampak buruk bagi Anda sendiri, lho! Anda tidak ingin berkaitan dengan urusan hukum di Indonesia, bukan? BPKB adalah tanda bahwa Anda memang pemilik asli kendaraan yang legal. Jika hendak melakukan balik nama, Anda membutuhkan dokumen kendaraan paling vital ini. 

Selain melakukan cek mobil bekas, pastikan melakukan pengecekan dokumen secara menyeluruh. Tak hanya BPKB saja, Anda juga harus mengecek bahwa STNK mobil merupakan dokumen asli. Surat mobil yang dipalsukan harus diketahui secara jeli agar Anda tidak menyesal kemudian hari, ya! Kunjungi laman resmi Otospector untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

0 komentar:

Posting Komentar